Hedley Churchward  

Wednesday, February 10, 2010







Salam buat smua pengunjung setia blog ini..

Erm.. For your all information.., pada tahun 1910 telah ada org putih or Muslim asli Inggris yang telah pergi menunaikan ibadah haji, yaitu Hedley Churchward yang sejak masuk Islam berganti nama menjadi Mahmoud Mobarek.. Dia juga telah menjadikan dirinya sebagai orang Inggeris pertama yang namanya tercatat di dalam sejarah yang menunaikan rukun Islam yang kelima iaitu naik Haji.

Abdulhakim Murad, dari University Cambridge departmen Study Islam, menceritakan kisah menarik peristiwa masuk Islamnya Hedley Churchward yang tercatat sebagai muslim pertama kelahiran Inggris yang melakukan ibadah haji dengan menempuh perjalanan selama lima bulan ke Ka’bah..

Hedley Churchward (Mahmoud Mobarek) lahir menjadi salah satu dari keluarga yang paling terkenal di Inggeris, keluarganya memiliki rumah kedua paling tua (berusia lebih dari 700 tahun) di Inggeris. Hedley Churchward juga memiliki bakat seni yang diakui orang sejak dirinya kecil lg.. Bidang spesialisasi nya adalah melukis pemandangan untuk pentas teater dan pada tahun 1880-an, ia menjadi terkenal dengan lukisannya..

Pada perjalanannya yang penuh inspirasi dengan melewati Sepanyol, Churchward sangat terkagum untuk pertama kalinya setelah melihat keindahan arsitektur Islam sisa2 peninggalan kebesaran Islam Andalusia di Sepanyol ia.. Kemudiannya dia melanjutkan perjalanannya menyeberang ke Maroko di mana disana ia terkesan dengan kemurnian dan kelembutan gaya hidup Islam masyarakat Maroko. Setelah beberapa saat perjalanannya di Maroko, Hedley Churchward membuat kepetusan yang sangat mengejutkan bagi keluarganya iaitu beliau memutuskan untuk bersyahadat dan menyatakan dirinya masuk Islam..

Bagi seorang mualaf.., Churchward memiliki prestasi besar dalam bidang kesenian Islam. Dia telah belajar di university Al-Azhar selama bertahun-tahun dan menjadi seorang pendakwah terkemuka dalam mata kuliah Sirah di Qadi Akademi.

Sewaktu di Kairo, Mahmoud Churchward yang mempunyai bakat seni melukis – ditugaskan untuk menghiasi salah satu masjid di kota itu.. Atas banyak jasanya, Presiden Afrika Selatan pada waktu itu, Paul Kruger sebagai tanda terima kasihnya kepada Churchward – dia telah memberikan izin untuk pembangunan masjid pertama di Witwatersrand, Afrika Selatan. Churchward menikah dengan seorang wanita Mesir, yang merupakan putri dari salah satu ahli hukum Syariah terkemuka Al-Azhar.

Sejak dirinya masuk Islam, ia telah berpikir dan merasa bahwa ia belum sepenuhnya terintegrasi dengan Islam. Hingga akhirnya Churchward memutuskan untuk pergi ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah Haji dalam upayanya untuk melengkapi Rukun Islam.

Abdulhakim Murad menceritakan pikiran dan perasaan yang mendalam Churhward atas perjalanannya ke Mekkah melalui pernyataan Churchward sendiri: “Suatu malam, ketika aku berjalan di sepanjang Piramida yang menjulang di waktu matahari terbenam,dan melihat kaki langit di belakang kota Kairo yang menerawangi senja wilayah Afrika, aku memutuskan untuk melaksanakan niatku yang seharusnya aku lakukan sejak aku menjadi seorang Muslim, aku akan pergi ke Ka’bah di kota suci Mekah.. “

Pada tahun 1910 dalam situasi sosial politik yang kurang menguntungkan, niat tulusnya untuk melaksanakan ibadah haji harus melalui pembuktikan, kerana secara syariah non-muslim dilarang untuk masuk ke perbatasan Mekkah. Churchward harus menjalani ujian soal pengetahuan Islam selama tiga jam yang dilakukan oleh seorang Qadhi Mesir untuk mengetahui pemahaman keIslamannya. Setelah berhasil ujian, ia mendapatkan ‘pasport keagamaan’ yang didukung oleh Qadhi, seorang pimpinan ulama dari kekhalifahan Utsmaniyah waktu itu dan banyak ulama terkemuka dan para imam yang membantu dirinya untuk mengatasi kemungkinan hambatan birokrasi selama perjalanannya menuju Baitullah.. Churchward berangkat dari Afrika Selatan (Johannesburg) menuju Mekkah pada tahun 1910.. Dia menjalani perjalanan yang sangat melelahkan dengan menaiki kapal wap melalui Bombay..

Tatkala berada di pelabuhan Sudan Suakin, ia berkunjung ke kedutaan Inggris dan diberitahu bahwa dia tidak akan diizinkan untuk turun di Jeddah. Namun, ia mampu menyelesaikan persoalan itu, di mana ia menghubungi pejabat Utsmani dan tidak mengalami masalah sedikitpun.. Di sana dia juga berkomunikasi dengan biro panduan haji dan mereka berangkat ke Kota Suci dengan dua keldai di malam berikutnya..

Abdulhakim Murad juga menceritakan banyak rintangan yang dilalui oleh Churchward dalam melakukan perjalanan menuju Mekkah. Dalam perjalanannya melintasi gurun pasir, dia telah diserang oleh sekelompok Arab baduy yang ingin merampok kafilahnya, namun Churcward mampu melewati situasi yang berbahaya tersebut di tengah panas terik gurun pasir dan perjalanan yang melelahkan dengan bejaya..

Meyakini bahwa Allah akan mengatur segalanya yang terbaik untuknya, akhirnya dia dan rombongannya tiba di Tanah Suci. Perjalanan selama lima bulan Churchward menuju ke Tanah Suci selesai sewaktu Churchward dan rombongannya menginjakkan kaki di Ka’bah, Rumah Allah.

Dan Mahmoud (Churchward) Mobarek adalah Muslim Inggris pertama yang naik haji dan melihat Ka’bah pada tahun 1910 dan sangat dihormati karena menjadi orang Inggris pertama yang menjadi tamu Allah.

sumber – eramuslim

P/S

Bagus.. Sifat begitulah yg dikehendaki oleh Islam..

Klu akulah.. mcm-manelah agaknya...

AddThis Social Bookmark Button


0 comments: to “ Hedley Churchward

Lata

Lata

ANDA PUAS MEMBACA...?